Sunday, March 20, 2011

Monyet Unik, Suka ‘Ngedot’ Susu Instan


Tidak mau kalah dengan balita, monyet inipun juga suka 'ngedot' susu. (foto:dimyadi/jbc)


TUBAN (jurnalberita.com) – Kera yang mendiami di daerah tempat wisata, hidupnya sangat bergantung dengan makanan yang diberikan oleh petugas dan para pengunjung tempat wisata tersebut. Tak jarang kera yang usil mengambil makanan atau minuman milik pengunjung wisata.


Meski minim kesediaan makanan alami, tapi dengan makanan yang diberikan pengunjung, para kera-kera itu masih bias mempertahankan hidupnya.


Di wisata kolam renang Bektiharjo, kecamatan Semanding Tuban, hiduplah puluhan ekor kera ekor panjang. Mereka selalu mendekati pengunjung, berharap belas kasih untuk diberi sesuatu.


Uniknya, monyet-monyet ini selain suka makanan pada umumnya hewan kera lain, mereka juga suka susu botol.


Pengunjung selalu bergerombol menyaksikan ulah seekor kera meminum susu dalam botol sambil duduk dengan santainya di sekitar kolam renang. Rupanya susu dalam botol itu milik salah satu pengunjung kolam renang Bektiharjo yang membawa anak balita.


Ibu Ima sekeluarga datang ke kolam Bektiharjo untuk rekreasi. “Saking asyiknya ngawasi anak saya berenang, sampai tidak memperhatikan barang bawaan saya. Tahu-tahu botol susu milik anak saya sudah diambil oleh seekor kera dan dibawa lari,” ujar bu Ima sambil menunjuk kera yang asyik ‘ngedot’.


Kera itu ‘ngedot’ susu sambil duduk dengan santainya hingga habis. Setelah susunya habis botolnya dilepaskan dan ditinggal pergi. (jbc3/jbc1)