Sunday, March 20, 2011

Tak Ada Pembalap Pengganti, Suzuki Absen di Seri Perdana

20110320SuzukiKosong Tak Ada Pembalap Pengganti, Suzuki Absen di Seri Perdana

Walaupun tidak ada kabar terkini mengenai keikutsertaan tim Rizla Suzuki untuk seri pembuka MotoGP di Losail Qatar (20/3), namun ternyata tim tersebut sudah bergerilya mencari pengganti Alvaro Bautista. Sayangnya tidak satu pun pembalap yang bisa mengisi kursi kosong di tim Rizla Suzuki, termasuk dari para pembalap Moto2 sendiri.

Rizla Suzuki sebenarnya tidak menyangka bahwa mereka harus melewatkan seri pertama MotoGP dengan cara seperti ini. John Hopkins yang disiapkan untuk mengganti posisi Bautista, tentunya tidak bisa langsung untuk seri pertama. Pasalnya Hopkins sendiri sedang mempersiapkan kondisinya untuk seri perdana ajang British Superbike Championship (BSB) yang akan dihelat pada 22-25 Maret 2011 pekan depan.

Sementara Nobuatsu Aoki yang jadi test rider tim Rizla Suzuki, tidak bisa meninggalkan Jepang, karena harus siap mengurus keluarganya jika terjadi bencana susulan. Pilihan lain adalah merekrut pembalap Moto2, namun tidak satu pun pembalap Moto2 yang berani meninggalkan tim mereka untuk mengikuti sesi kualifikasi dan race bersama tim Rizla Suzuki.

“Kami menempuh banyak cara agar ada pembalap pengganti semata untuk kepentingan bisnis yaitu Rizla dan partner kami lainnya. Tapi kami juga tidak ingin mengesampingkan faktor safety kepada pembalap untuk langsung terjun di kualifikasi dan balapan kendati beberapa pembalap berpengalaman di MotoGP. Lagi pula mereka tidak akan mungkin cabut dari timnya di Moto2 pada seri perdana,” jelas Paul Denning, bos tim Rizla Suzuki.

Belum adanya kejelasan kembalinya Bautista ke lintasan, membuat Denning memilih untuk merekrut John Hopkins untuk seri kedua di Jerez, Spanyol (3/4). (otosport.co.id)