Thursday, March 10, 2011

Ribuan WNA ‘Banjiri’ Bitung

BITUNG — Kamis (10/03) pagi, ribuan warga negara asing (WNA) memenuhi pelabuhan Kota Bitung. Kedatangan mereka menggunakan kapal pesiar yang memiliki panjang 218,5 meter dengan 43.537 Gross Ton berkapasitas 1.360 penumpang dan anak buah kapal 570 orang. Kapal pesiar ini milik Fred Olsen Cruise Lines berbendera Bahamas merapat ke Dermaga Pelabuhan Samudera Bitung membawa 1.297 penumpang berasal dari 19 negara dengan crew 536 orang.


“Kapal pesiar ini memulai perjalanannya dari Negara Inggris, Madaera, France, Karibia, Peru, Dubai, Fiji, Australia, kota Bitung dan selanjutnya akan meneruskan perjalanan ke Kinabalu hingga ke daerah timur tengah,” kata salah satu crew kapal asal Indonesia, Madi warga Madura kepada beritamanado, Kamis siang.


Menurut Mardi yang keseharian bekerja di bagian bar kapal pesiar tersebut, untuk Indonesia hanya kota Bitung yang di pilih sebagai tempat yang layak di kunjungi meski kota Bali sebelumnya menjadi fokus tapi berbagai pertimbangan sehingga hanya kota penghasil ikan ini yang di jadikan sarana pariwisata.


Sementara itu, menurut salah satu penumpang kapal penumpang Guls Van Briggs asal Arsenal, dirinya dan rekannya akan melaksanakan perjalanan keliling dunia dan ini merupakan tanggungan pemerintah masing-masing negara mengkondisikan para lanjut usia ketika menjalani masa pensiunan.


“Kami berasal dari berbagai negara yang kebetulan menumpang kapal pesiar ini dengan tujuan menwujudkan impian kami mengilingi dunia dengan cara mengunjungi berbagai negara didunia ini,” kata Briggs seraya menambahkan mereka adalah pensiunan berbagai profesi seperti cleaning service, tentara, polisi, pekerja perusahaan, security dan lain-lain. (en)