Saturday, March 12, 2011

Liverpool Ditaklukkan Braga



SC Braga berhasil menundukkan Liverpool 1-0 di leg pertama babak 16 besar Liga Europa, Kamis atau Jumat (11/3/2011) dini hari WIB. Kemenangan berkat gol Alan lewat titik penalti ini menjadi modal penting dalam menjalani leg kedua di Stadion Anfield, 17 Maret mendatang.


Tampil tanpa Steven Gerrard yang cedera, Manajer Kenny Dalglish melakukan perjudian dengan memainkan Jay Spearing sejak awal. Di depan, Dalglish mengandalkan Dirk Kuyt yang mencetak hattrick ketika melawan Manchester United sebagai penyerang tunggal.


Petaka buat Liverpool terjadi pada menit ke-17. Bek Liverpool, Sotirios Kyrgiakos, melakukan pelanggaran yang tak perlu kepada Marcio Mossoro di kotak penalti. Pelanggaran ini berbuah hukuman tendangan penalti. Alan yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik meskipun kiper Pepe Reina sudah benar dalam membaca arah bola.


Liverpool berupaya untuk segera merespons. Namun, permainan disiplin para pemain Braga membuat upaya pasukan “The Reds” sering sia-sia. Braga, meski sudah unggul satu gol, tak menyurutkan ambisinya untuk mencetak gol tambahan.


Pada menit ke-38, Braga mendapat kesempatan mencetak gol. Sayangnya, bola hasil tendangan keras Silvio dari luar kotak penalti masih membentur mistar gawang. Selamatlah gawang Reina. Namun, Liverpool masih tertinggal 0-1 saat turun minum.


Melihat lini depannya tak bertaji, Dalglish langsung memasukkan striker Andy Carroll menggantikan Christian Poulsen pada menit ke-56. Kehadiran Carroll menambah sedikit daya gedor Jamie Carragher dkk.


Dirk Kuyt mendapat kesempatan pertamanya dalam laga ini. Pada menit ke-67, tendangan kerasnya memaksa kiper Braga, Guilherme Artur, harus melakukan penyelamatan gemilang untuk mempertahankan gawangnya dari kebobolan.


Kuyt sendiri tampil melempem dalam laga ini. Ketidakhadiran Luis Suarez dan Gerrard membuatnya harus bekerja sendirian. Kehadiran Carroll juga tak terlalu membantu kinerja Kuyt di depan. Liverpool akhirnya gagal mencetak gol dalam pertandingan ini dan diwajibkan menang lebih dari 1-0 di pertandingan kedua yang akan berlangung di Anfield untuk bisa lolos ke babak berikutnya.


Susunan Pemain

SC Braga: Guilherme Moraes Artur, Angelo Moita Miguel Garcia, Claudio Bezerra da Silva Kaka, Valdelomar Junior Alberto Rodriguez, Silvio, Miguel Hugo Viana, Marcio Jose da Costa Mossoro (Junior Afonso Santos Paulao 69), Do Carmo Leandro Salino, Osorio Costa Silva Alan, Rocha Paulo Cesar (Helder Barbosa 94), Lima (Albert Ze Meyong 77)


Liverpool: Pepe Reina, Jamie Carragher, Sotirios Kyrgiakos, Glen Johnson, Martin Skrtel, Joe Cole, Christian Poulsen (Andy Carroll 56), Raul Meireles, Lucas, Jay Spearing, Dirk Kuyt