Saturday, March 12, 2011

FIFA Perintahkan KONI Monitor Kongres PSSI





Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Rita Subowo akan mengawal Kongres PSSI yang mengagendakan pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan Anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2011-2015 pada 29 April, serta Kongres Pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding pada 26 Maret mendatang. Rita Subowo mengatakan, permintaan itu disampaikan langsung oleh Presiden Joseph “Sepp” Blatter saat keduanya bertemu di Zurich, Swiss, Selasa (8/3/2011).


Dalam pertemuan tersebut, Rita menjelaskan situasi persepakbolaan Indonesia kepada Blatter. “Pertemuan berlangsung lebih dari satu jam. Saya bilang, situasi ini sangat mengganggu persiapan atlet-atlet lain jelang SEA Games 2011, bukan sepak bola saja. Saya juga membawa kliping mengenai semua yang terjadi di Indonesia, seperti demonstrasi jelang kongres. Blatter kaget ketika melihatnya,” beber Rita kepada wartawan di Kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Jumat (8/3/2011).


Berdasarkan hal itu, Rita menjelaskan bahwa FIFA meminta KONI untuk mengawal kongres yang akan digelar pada 26 Maret dan 29 April mendatang. “Sebagai Ketua International Olympic Committee dan National Olympic Committee, saya diminta bantuannya untuk memonitor proses,” ucap Rita.