Saturday, March 12, 2011

KPPN Diminta Untuk Menahan Diri





Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rita Subowo berharap Komisi Penyelamat Persepakbolaan Nasional (KPPN) bisa menahan diri untuk menggelar kongres pemilihan Ketua Umum PSSI Periode 2011-2015. Sebab, menurut Rita, PSSI-lah yang berhak menyelenggarakan kongres tersebut.


Sebagaimana diberitakan, KPPN dibentuk oleh 87 anggota pemilik suara PSSI yang terdiri dari pengurus provinsi PSSI dan klub yang menyatakan mosi tidak percaya kepada kepemimpinan Nurdin Halid. KPPN mengklaim berwenang menggelar kongres.


Rencananya, mereka akan membentuk Komite Pemilihan dan Komite Banding PSSI di Surabaya pada 26 Maret. Pada akhir April, KPPN kembali menggelar kongres guna memilih anggota Komite Eksekutif PSSI termasuk Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum PSSI periode 2011-2015 di Solo akhir April mendatang.


Terkait hal itu, Rita mengaku tidak membahas soal KPPN saat bertemu Presiden FIFA Joseph ”Sepp” Blatter di Zurich, Swiss, Selasa (8/3/2011). Namun, Rita mengaku prihatin dengan rencana KPPN menggelar kongres karena bisa memunculkan persoalan lain.


”Kami prihatin jangan sampai muncul persoalan lain. Mohon menahan diri. Kami kawal agar kongres bisa berjalan baik dan juga dikawal pemilihannya,” tutur Rita kepada wartawan di Kantor KONI, Jumat (11/3/2011).


PSSI sendiri tetap bersikukuh menggelar kongres meskipun KPPN menggelar ”kongres tandingan”. Rencananya, PSSI akan menggelar kongres pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding pada 26 Maret nanti. Sementara untuk kongres pemilihan Ketua Umum, Wakil Ketua Umum, dan anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2011-2015 akan digelar pada 29 April mendatang.


Rita menyatakan, sesuai dengan instruksi dari FIFA, KONI akan mengawasi pelaksanaan kedua kongres tersebut. Namun, Rita belum bisa membeberkan bagaimana mekanisme pengawasan.