Thursday, March 17, 2011

Helikopter Jepang Siram Air ke PLTN Fukushima


Tokyo (ANTARA News/AFP) – Helikopter militer Jepang pada Kamis menyiramkan air ke pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima menggunakan ember raksasa guna memadamkan kebakaran pada batang radioaktif.


Sejumlah empat helikopter berballing-baling ganda CH-47 Chinooks milik pasukan bela diri Jepang dikerahkan dengan masing-masing membawa empat emper ukuran besar bermuatan lebih dari tujuh ton air untuk disiramkan ke reaktor unit tiga dan empat, demikian siaran televisi NHK.


Operasi tersebut bertujuan untuk merendam batang bahan bakar nuklir yang panas, sehingga tidak melepaskan radioaktif ketika menonjol ke udara.


Meriam air polisi juga diatur sedemikian rupa guna mendukung upaya tersebut, bersamaan dengan perlengkapan pemadam kebakaran yang digunakan sebelumnya.


Misi helikopter tersebut dimulai pada saat cuaca cerah, sehari setelah upaya pertama ditunda akibat pancaran radiasi yang tinggi dan angin kencang, sesaat sebelum gelap. Hal ini merupakan dampak gempa berkekuatan hingga 9 skala Richter diikuti gelombang pasang air laut (tsunami) yang terjadi Jumat (11/3).