Tuesday, March 1, 2011

Piala Oscar Dan Sejarahnya


Academy Award atau disebut juga piala Oscar adalah penghargaan film paling terutama di Amerika Serikat. Piala Academy Award dijuluki Oscar ketika seorang pustakawan Academy Margaret Herrick melihatnya di sebuah meja dan mengatakan, 'kelihatan persis seperti pamanku Oscar!'. Nama tersebut tetap melekat dan kini digunakan seumum nama Academy Award sendiri, bahkan oleh pihak Academy sendiri. Bahkan situs web Academy berada pada oscars.org dan situs web Penghargaan Academy Award berada pada www.oscars.com


Academy Award bermula di Hollywood sekitar tahun 1927 dan merupakan suatu acara pemberian penghargaan atas kerja keras anggota Academy Motion Picture Arts and Sciences, yaitu asosiasi professional pekerja film. Kelompok ini memerlukan semacam piala untuk acara pemberian hadiah saat makan malam. Diceritakan, pada saat itulah istilah Oscar muncul. Seorang pembuat patung dari Los Angeles melihat sebuah patung ksatria yang berdiri di atas gulungan film dengan pedang di tangannya. Patung ksatria pertama kali dibuat menggunakan perunggu. Dan sekarang Oscar terbuat dari logam campuran, britanium, dan dilapisi emas. Tingginya 34,3 cm dan beratnya 3,8 kg.



Alasan mengapa Oscar yang dipakai sebagai nama dari piala penghargaan tersebut masih belum jelas. Salah satu cerita menyebutkan bahwa patung ksatria terlihat mirip dengan seorang pustakawan academy yang biasa mereka panggil Paman Oscar. Berdasarkan kemiripan itu, para anggota academy mulai menyebut Oscar kecil sebagai nama patung ksatria itu. Pada tahun keenam presentasi, kolumnis merujuk pada apa yang para staf sebut sebagai Academy Award of Meritas menjadi Oscar. Staf Academy memakai nama kecil ini pada tahun 1939.



Semua yang dimulai pada saat makan malam yang dihadiri 270 anggota tersebut berubah menjadi suatu tradisi yang berskala internasional yang tak kurang dari 6000 anggota academy menghadirinya.