Tuesday, March 1, 2011

Menpora Menganggap Sanksi FIFA Hal Biasa


PSSI dan kalangan yang mendukungnya selama ini terkesan amat takut pada sanksi FIFA jika pemerintah ikut campur tangan. Tapi menurut Menpora Andi Mallarangeng, ketakutan itu jangan berlebihan.

“Sanksi FIFA bukan hal yang luar biasa, biasa itu, banyak negara pernah mendapat sanksi FIFA,” tegas Menpora dalam raker dengan Komisi X DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/2/2011).


Di sejumlah negara, Menpora menuturkan, sudah sering diberlakukan sanksi FIFA. Menurutnya sanksi FIFa terkadang justru memacu semangat persepakbolaan negara yang dikenakan sanksi.


“Sanksi FIFA itu bervariasi ada yang hanya dua puluh empat jam dicabut ada yang enam bulan ada yang dua tahuh di-suspend. Dengan di-suspend bisa kemudian prestasinya menjadi lebih baik lagi menjadi luar biasa,” tutur Menpora.


Menpora menuturkan akan segera menggelar komunikasi dengan FIFA. Menpora terbuka dengan masuknya tim FIFA untuk menuntaskan masalah PSSI.


“Kami pemerintah siap untuk berdiskusi dan berkomunikasi dengan FIFA. Kalau perlu FIFA datang sendiri mengorganisasikan kongres yang berlaku. Tidak masalah kalau FIFA mau mensupervisi kongres PSSI,” terang Menpora.


Menpora berharap PSSI menghormati semangat pemerintah menuntaskan kisruh PSSI. Utamanya jika ingin masalah di PSSI berakhir bahagia.


“Saya ingatkan posisi pemerintah masih dalam tahap memberikan peringatan. Harapan kita semua kongres dilakukan sesuai aturan yang berlaku. Kalau semua dilakukan happy ending tapi kalau tidak diikuti pemerintah harus menggunakan kewenangannya,” tandasnya.