Thursday, March 24, 2011

Kapolda Sumut: Jangan Intervensi Kerja Polisi


Medan, 23/3 (ANTARA) – Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Inspektur Jenderal Polisi Wisjnu Amat Sastro menyatakan siap menerima dan terbuka atas berbagai saran dan masukan, tetapi tidak menginginkan adanya intervensi terhadap polisi dalam melaksanakan tugas.


“Kami mengharapkan partisipasi semua pihak. Namun jangan intervensi kami,” katanya saat memberikan sambutan pada upacara serah terima jabatan Kapolda Sumut dari Irjen Pol Oegroseno di Lapangan KS Tubun Mapolda di Medan, Rabu.


Irjen Wisjnu mengatakan, pihaknya sangat menyadari jika tantangan tugas yang dihadapi Polda Sumut akan semakin berat, apalagi jika dikaitkan dengan keberadaan provinsi itu yang sangat strategis.


Demikian juga dengan kemungkinan adanya permasalahan sosial yang diakibatkan pengaruh ekonomi seperti naiknya harga BBM akibat konflik di Timur Tengah.


Karena itu, pihaknya akan selalu menerima berbagai saran dan masukan dari pihak lain, khususnya kalangan masyarakat untuk membantu tugas kepolisian.


“Saya tidak akan dapat bekerja dengan baik jika tidak mendapatkan dukungan,” katanya.


Namun, kata Wisjnu, saran, masukan dan dukungan tersebut diharapkan tidak bertujuan untuk emngintervensi Polda Sumut dalam menjalankan tugasnya sebagai penegak hukum.


“Sepanjang masukan dan saran itu benar, akan ditindaklanjuti,” kata mantan Staf Ahli Kapolri Bidang Manajemen tersebut.


Selaku pejabat baru di lingkungan Polda Sumut, Irjen Pol Wisjnu Amat Sastro mengharapkan mendapatkan dukungan dari berbagai pihak sebagaimana yang diterima pejabat lama Irjen Pol Oegroseno.


Namun pihaknya mengharapkan dukungan tersebut bukan justru mencampuri dan mengintervensi kinerja Polda Sumut.


“Kami akan terbuka, tetapi jangan intervensi karena setiap instansi memiliki kewenangan masing-masing,” katanya.