Monday, March 7, 2011

Hanura Gagas Hak Menyatakan Pendapat Kasus Century

20110306 071319 fuad2 Hanura Gagas Hak Menyatakan Pendapat Kasus Century

Foto : Fuad Bawazier—ANTARA/ Adityawarmani/ip

JAKARTA: Ketua DPP Partai Hanura Fuad Bawazier mengatakan DPR perlu menggulirkan hak menyatakan pendapat (HMP) untuk mengungkap tuntas kasus Bank Century.

“Kita lihat negara terutama aparat hukum sudah hingga kini tak bisa menyelesaikan hasil dari pansus Century di DPR,” ujar Fuad usai diskusi di Doekoen Coffee, Minggu (6/3).

Hanura, ujar Fuad, akan menginstruksikan fraksinya di DPR untuk mengusulkan HMP. Meski demikian Fuad menyadari Hanura sebagai fraksi kecil di DPR tidak cukup kuat untuk menggulirkan langkah HMP kasus Century. Untuk itu, lanjutnya, Hanura akan melakukan lobi dengan kubu yang waktu itu mendukung angket pansus Century.

Fuad menegaskan kasus Century memang memang harus selesai lewat jalan politik. Terbukti, dia mengatakan,penyelesaian skandal Century macet hingga kini. KPK sebagai pihak yang diharapkan menuntaskan kasus ini, menyatakan belum menemukan unsur tindak pidana korupsi. “Jalan yang kemarin diambil DPR, yaitu mengembalikan mandat ke penegak hukum adalah langkah bodoh,” tegas Fuad.

Sementara itu, anggota Fraksi PKB Effendy Choirie pesimistis jika kasus Century dapat digulirkan melalui HMP dalam kondisi DPR seperti sekarang ini yang penuh transaksi politik. Hal itu terbukti dengan gagalnya pengusungan hak angket untuk kasus perpajakan dalam paripurna. “Hampir mustahil karena koalisi ini isinya transaksional semua,” kata Gus Choi.

Kandasnya upaya angket untuk mafia perpajakan dan mandegnya skandal Century, dinilai keduanya sebagai kegagalan negara. Karena itu, perlu langkah yang tak hanya berujung pada langkah hukum, melainkan politik yang dapat berujung pada impeachment. “Tapi kalau mengharapkan DPR untuk impeach itu mustahil,” pungkas Gus Choi. (NA/OL-04)