Wednesday, March 9, 2011

FIFA Tak Ikut Campur Urusan KPPN





Presiden FIFA, Sepp Blatter, enggan mencampuri terbentuknya Komite Penyelamatan Persepakbolaan Nasional (KPPN) yang hendak menyelenggarakan kongres pemilihan Ketua Umum PSSI periode 2011-2015. Pasalnya, permasalahan KPPN merupakan masalah internal PSSI.


Hal itu merupakan hasil pertemuan Duta Besar Republik Indonesia di Swiss, Joko Susilo, dengan Presiden FIFA, Sepp Blatter, di Zurich, Swiss, Selasa (8/3/2011) waktu setempat.


“Karena itu masalah internal,” jelas Joko saat dihubungi wartawan Selasa malam.


Sebagaimana diberitakan, KPPN dibentuk oleh 87 anggota pemilik suara PSSI yang terdiri dari Pengurus Provinsi PSSI dan klub yang menyatakan mosi tidak percaya kepada kepimpinan Nurdin Halid. Dengan begitu, KPPN berkewenangan menggelar kongres.


Rencananya, mereka akan membentuk Komite Pemilihan dan Komite Banding PSSI di Surabaya pada 26 Maret. Kemudian, pada akhir April, KPPN kembali menggelar kongres guna memilih anggota Komite Eksekutif PSSI termasuk Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum PSSI periode 2011-2015 di Solo akhir April mendatang. Kedua Kongres itu sesuai dengan amanat FIFA.