Wednesday, March 16, 2011

Contoh Proposal Skripsi


Untuk anda semua yang memang sedang sibuk mengerjakan skripsi yang mana anda sendiri masih belum jelas dengan adamya skripsi tersebut, dan anda bingung untuk mengerjakan proposalnya dikarenakan anda belum mengetahui dengan jelas mengenai Format proposal Skripsi, nah kebetulan saja kami sedang membahas mengenai Contoh Proposal Skripsi dimana mungkin akan membantu anda untuk bisa mengerjakan proposal skripsi anda.


dalam mengerjakan proposal ini anda harus benar-benar yakin kalau anda bisa mengerjakannya dan anda yakin dengan judul skripsi yang anda pilih, sebab keyakinan itu akan membantu anda untuk bisa menyelesaikan proposal skripsi anda sendiri, nah langsung saja kita lihat informasinya di bawah ini agar lebih jelasnya.


Contoh Proposal Skripsi :


DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

UNIVERSITAS NEGERI XXXX

PROGRAM PASCASARJANA


RANCANGAN TESIS


Diajukan oleh :


Nama : XXXX

NIM : XXXX

Program Studi : Pendidikan Matematika


A. Judul

COOPERATIVE LEARNING DAN ANALISIS SIKAP DALAM UPAYA MENGURANGI TINGKAT KENAKALAN SISWA SMK SEBAGAI SARANA PENINGKATAN KUALITAS LULUSAN SMK (STUDI KASUS SISWA JURUSAN TEKNIK BANGUNAN SMK DI XXXX)


B. Pendahuluan

Berdasarkan informasi dari beberapa guru SMK di Semarang mengatakan bahwa sebagian besar siswa SMK sangat sulit dikendalikan dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Siswa banyak yang bertindak sekeinginan hatinya. Kenyataan yang terjadi saat ini, ada guru yang sama sekali tidak dihiraukan oleh siswanya sendiri.

Guru telah mencoba untuk mengatasinya, tetapi masih saja guru belum berhasil untuk memecahkan masalah tersebut. Berdasarkan hasil diskusi antara guru kelas dan dosen, sampailah pada suatu intuisi bahwa pada umumnya dalam belajar, siswa menginginkan sebuah suasana yang harmonis dan menyenangkan. Tetapi permasalahan tidak berhenti pada hal itu saja. Konsep menyenangkan antara guru dan siswa SMK sangatlah berbeda dan sangat sulit untuk dapat dipertemukan kedua konsep tersebut sehingga permasalahan tersebut tetap saja berlangsung sampai dengan saat ini.

Dengan permasalahan tersebut, yang terjadi saat ini adalah rendahnya hubungan antar personal guru dengan siswa SMK. Guru hanya mementingkan tugas mengajar tanpa mengikutsertakan tugas membimbingnya. Dan siswa pun akhirnya menjadi acuh tak acuh, sehinga proses pendidikan yang terjadi di sekolah menjadi sulit diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adanya permasalahan tersebut dapat diduga bahwa akhirnya pembelajaran menjadi kurang bermakna bagi siswa. Hal ini juga sesuai dengan penelitian Outhred & Michelmore dalam Silberman (2001) bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep untuk memecahkan masalah yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.

Pendidikan yang diberikan selama sekolah seakan-akan menjadi sia-sia. Mereka hanya secara formalitas bersekolah hanya untuk mendapat uang saku, dan akhirnya orientasi mereka bersekolah pun menjadi lain. Sikap seperti inilah yang kemudian dilampiaskan kepada tawuran dan hal-hal negatif lain. Sudah menjadi rahasia umum bahwa siswa SMK mudah untuk melakukan tawuran. Tanpa ikatan yang kuat dari sekolah bukan hal yang mustahil jika setiap hari terjadi perkelahian di sebuah SMK.

Untuk mengatasi permasalahan yang diuraikan tersebut perlu adanya suatu penelitian yang menerapkan suatu strategi pembelajaran tertentu yang dapat meningkatkan ketertarikan siswa pada materi pelajaran. Selain itu juga perlu dilakukan sebuah penelitian yang mengukur sikap siswa dan guru dalam pembelajaran. Penelitian ini difokuskan kepada siswa dan guru SMK jurusan teknik bangunan.


C. Rumusan Masalah

Permasalahan yang telah diuraikan dalam pendahuluan dapat dirumuskan sebagai berikut.

Bagaimanakah cara untuk mengurangi tingkat kenakalan siswa SMK?

Bagaimanakah cara meningkatkan minat siswa SMK untuk belajar?

Untuk menjawab permasalahan tersebut akan di jawab melalui penelitian dengan berdasarkan pada refleksi awal (keadaan sebelum penelitian dilakukan).

Selanjutnya permasalahan yang ada diuraikan dalam pertanyaan sebagai berikut.

a. Bagaimanakah cara untuk mengurangi tingkat kenakalan siswa SMK?

b. Metode pembelajaran yang bagaimanakah yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat siswa SMK dalam proses pembelajaran dalam kelas?

c. Bagaimanakah hubungan guru dan siswa SMK yang seharusnya?


D. Pemecahan Masalah

Untuk memecahkan masalah yang telah dirumuskan akan dilakukan kegiatan sebagai berikut.

Untuk memecahkan masalah pertama dilakukan dengan mengadakan diskusi antar pihak yang terkait di luar siswa yang bersangkutan, kemudian dirumuskan pemecahannya. Selain itu dilakukan penelitian kualitatif yang menganalisis sikap siswa dan hubungannya dengan guru di kelas.

Untuk memecahkan masalah kedua akan digunakan strategi pembelajaran kooperatif, di mana dalam metode ini dikembangkan untuk mencapai setidak-tidaknya tiga tujuan pembelajaran penting, yaitu hasil belajar akademik, penerimaan terhadap keragaman dan pengembangan keterampilan sosial.

Untuk memecahkan masalah ketiga peneliti akan menggunakan analisis sikap guru dan siswa. Guru dan siswa diberikan angket untuk mengetahui sejauhmana sikap guru terhadap siswa dan sebaliknya sejauhmana sikap siswa terhadap guru kelasnya. Dengan analisis sikap ini nantinya akan dapat dirumuskan solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.


E. Tinjauan Pustaka

1. Pembelajaran Kooperatif

Dalam strategi pembelajaran perlu dikembangkan suatu strategi pembelajaran yang memungkinkan siswa belajar aktif . Belajar aktif meliputi

………………………………………………………dst.


nah anda bisa mendapakan contoh yang lebih banyak lagi disini!! nantikan edisi kami selanjutnya sebab kami akan memberikan berita dan informasi terbaru untuk anda semua yang memang anda ingin mendapatkan berita terbaru dari kami dan yang pasti bermanfaat untuk anda semua.