Tuesday, March 1, 2011

83 Pemegang Suara Tolak Nurdin Halid

Polemik seputar Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia

(PSSI) terus bergulir. Saat ini, sebanyak 83 yang mengklaim pemilik hak suara pada kongres PSSI 2011 menggelar sidang paripurna di Hotel Atlet Century Park, Senin, 28 Maret 2011.


Hasil sidang itu memutuskan membentuk Komite Penyelamat Persepakbolaan Nasional. Dari hasil sidang itu juga mengeluarkan mosi tidak percaya kepada kepengurusan PSSI saat ini.


Para peserta dalam sidang itu terdiri dari 26 pengurus provinsi dan 57

pengurus dari klub. “Sidang memberikan tugas kepada Komite Penyelamat Persepakbolaan Nasional untuk bertindak sebagai Komite Pemilihan dan menyelenggarakan Kongres PSSI tahun 2011 untuk memilih Komite Eksekutif dan pengurus lainnya,” kata Syahrial K Damopolii yang berasal dari Pengprov Sulawesi Utara, saat memberikan keterangan pers di Hotel Atlet Century Park.


Komite akan diberikan tugas selama 60 hari untuk menjalankan tugasnya. “Memberikan tugas dan kewenangan kepada komite untuk melakukan tindakan yang dianggap perlu untuk menyelamatkan sepakbola nasional ujar Syahrial.


Rencananya, hasil sidang ini juga akan dilaporkan kepada pemerintah dan Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). “Agar FIFA tahu duduk persoalannya,” tegasnya.


Berikut ini pengurus Komite Penyelamat Persepakbolaan Nasional:

1. Sukawi J. Sutarip sebagai ketua dari Pengprov Jawa Tengah

2. Syahrial K Damopolii sebagai wakil ketua dari Pengprov Sulawesi Utara.

3. Tuty Dau sebagai sekretaris komite

4. Umuh Muchtar

5. M Sidiq Jafar

6. Atqia Abubakar

7. Mujib Abdal

8.Bons Rumbruren

9. Adnan Dambea

10. Dirk Soplanit.


Atas terbentuknya Komite Penyelamat Pesebakbolaan Nasional ini, pihak PSSI belum memberikan komentar. Sejumlah pengurus yang dihubungi mengaku sedang mengikuti rapat PSSI di kantor Badan Liga.


Keputusan terbaru terkait rencana pemilihan ketua umum PSSI, rapat pengurus PSSI malam ini memutuskan rencana kongres PSSI ditunda sambil menunggu arahan FIFA.


Rencana awal kongres akan berlangsung di Bali, 26 Maret mendatang. Namun, keputusan Komite Banding menganulir hasil Komite Pemilihan dan banding dua calon ketua umum PSSI, George Toisuta dan Arifin Panigoro. “Atas laporan tersebut, Exco memutuskan menunda kongres dan meminta arahan FIFA,” kata Nurdin Halid