Thursday, March 17, 2011

Wagub: Program KB di Sumut Sukses


Medan, 17/3 (ANTARA) – Wakil Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho mengatakan, program Keluarga Berencana di daerah itu dinilai cukup sukses jika dibandingkan dengan provinsi lain.


Kepada wartawan di Medan, Rabu, Gatot Pujo Nugroho mengatakan, indikasi kesuksesan itu dapat dilihat dari persentase pertumbuhan dan pertambahan penduduk Sumut yang mencapai 1,11 persen per tahun.


Jika diperbandingkan dengan jumlah rata-rata angka pertumbuhan nasional yang mencapai 1,3 persen, pertumbuhan penduduk Sumut dinilai tidak terlalu mengawatrikan.


“Itu membuktikan program Keluarga Berencana (KB) di Sumut cukup sukses,” katanya.


Namun, kata Gator Pujo Nugroho, pihaknya tidak ingin berpuas diri meski jumlah pertumbuhan penduduk Sumut di bawah rata-rata nasional.


Karena itu, pihaknya telah menekankan pentingnya penggiatan kembali program KB di masyarakat melalui peranan Pemkab/Pemko di Sumut.


Penekanan itu telah disampaikan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumut yang dihadiri berbagai utusan Pemkab/Pemko.


“Kami ingin pastikan Pemkab/Pemko menjadikan program KB itu menjadi prioritas,” katanya.


Dalam Rakerda pada 1 Maret 2011, BKKBN Sumut mengumumkan penduduk Sumut berjumlah sekitar 13 juta jiwa sehingga menempati peringkat keempat terpadat setelah Jawa Barat (sekitar 43 juta jiwa), Jawa Timur (sekitar 38 juta jiwa), dan Jawa Tengah (sekitar 35 juta jiwa).