Monday, March 14, 2011

Tempat Air Minum Di Alam Bebas

Tempat air minum di alam bebas, satu hal penting yang harus ada dan disediakan, karena air minum adalah sumber tenaga utama disamping makanan. Kemudian pertanyaannya, tempat air minum apa yang anda gunakan dalam penelusuran alam bebas selama ini? Mendukung atau tidak dari segi kesehatan? Satu hal yang terkadang di abaikan adalah hal ini, menyediakan tempat air minum dalam kegiatan di alam bebas.

Biasanya dan sebagian besar pendaki gunung menggunakan botol bekas air mineral untuk menampung air minum. Selain mudah di dapatkan, juga harga yang tak mahal serta bentuk yang pas. Satu hal yang tak ada yang salah jika dalam konteks tersebut. Tetapi dari segi kesehatan memang tak di sarankan menggunakan botol bekas air mineral untuk tempat menampung air minum kita selama berada di alam bebas yang membutuhkan waktu hingga berhari - hari.
Tak hanya bagi para petualang, dalam keseharian juga mudah terlihat yang menggunakan botol bekas air mineral untuk menampung air minum. Cobalah di rubah kebiasaan ini, karena kebiasaan ini tidak baik, karena bahan plastik botol atau disebut juga polyethylene terephthalate atau PET yang dipakai di botol - botol ini mengandung zat - zat karsinogen ( DEHA ). Botol ini aman untuk dipakai 1 - 2 kali saja, jika anda ingin memakainya lebih lama tidak boleh lebih dari seminggu, dan harus ditaruh jauh dari sinar matahari. Kebiasaan mencuci ulang dapat membuat lapisan plastik rusak dan zat karsinogen bisa masuk ke air yang kita minum. Lebih baik membeli botol air yang memang untuk dipakai ber ulang - ulang, jangan memakai botol plastik.
Banyak sebenarnya di pasaran atau di toko outdoor yang menyediakan serta menjual penampung air minum dengan harga yang relatif tak mahal di bandingkan dengan kesehatan kita. Botol tersebut juga berfungsi maksimal dengan bentuk yang sangat nyaman di gunakan dan yang pasti, aman dari sisi kesehatan kita. Marilah tetap sehat dalam petualangan!