Saturday, March 12, 2011

@Radio, Evolusi Radio Yang Berkiblat Pada Dunia Intertet

Gambar Ilustrasi. (Foto: google)

JAKARTA (Berita SuaraMedia) - Industri penyiaran radio di Indonesia dihadapkan pada tantangan besar untuk beradaptasi memasuki pasar yang berkiblatkan pada dunia internet.

Internet radio bukanlah hal baru di dunia dan di Indonesia. Namun, kalau cuma sekadar memindahkan siaran radio ke internet rasanya sayang.


Banyak hal yang dapat dilakukan di internet sehingga siaran radio lebih interaktif. Apalagi di zaman social mediaseperti saat ini, integrasi siaran radio dengan berbagai layanan dan teknologi digital bakal merevolusi industri yang sempat melejit di masa lalu.

"Saat ini, orang tak lagi cuma mendengarkan radio dengan mengandalkan perangkat radio saja, tapi sudah bergeser ke ponsel, tablet PC, dan perangkat komputasi berbasis internet lainnya," kata Direktur IT & Supply Telkom Indra Utoyo di Hotel Twin Plaza.

Layanan @Radio bukan hanya membangkitkan industri siaran radio. Namun juga akan menunjang ekonomi kreatif secara nasional dengan prinsip long tail economic. Sehingga ekonomi kreatif yang mencakup berbagai jenis industri kreatif dapat meningkatkan kontribusinya bagi perekonomian nasional secara signifikan.