Sunday, March 13, 2011

Percantik Foto Kenangan dengan Scrapbook!

T73rXpk4uL Percantik Foto Kenangan dengan Scrapbook!
Percantik foto kenangan dengan scrapbook. (Foto: Getty Images)

MENGABADIKAN momen pada era digital sekarang, tak sesulit dulu. Tangan moms dapat secara spontan meraih ponsel dan mengabadikan tawa lepas si kecil saat dia sedang bercanda dengan Anda. Atau, Anda dapat dengan leluasa menggunakan kamera digital jika ingin hasil yang lebih berkualitas.

Lantas, apa yang Anda lakukan terhadap hasil jepretan yang sudah segudang itu? Jangan-jangan, moms or dads hanya mengumpulkannya dalam file folder foto di komputer, he…he…he. Padahal, sudah tidak harus susah-payah mencetak roll film, kan?

Nah, daripada hasil foto si kecil atau foto moms and dads menginap di komputer, enggak ada salahnya dicetak sekarang. Moms pun dapat memperindahnya dengan teknik scrapbook!

Berkreasi tanpa batas!

“Mengreasikan scrapbook tidaklah sulit. Hanya membutuhkan kesabaran dan ketelitian ekstra,” kata Yuliantina Asmarabudi, penggemar scrapbook sekaligus pemilik Nap’s Scrapbook.

Selain menjual peralatan dan bahan pembuat scrapbook, moms juga bisa mempelajari teknik scrapbooking di sini. Untuk pembelian minimal Rp150 ribu, dapat mengikuti kelas selama dua jam, free!

Mau mencoba? Ikuti step by step pembuatan scrapbook sederhana ala Yulit -begitu panggilan akrabnya- berikut. Selamat berkreasi!

Alat dan bahan:

• Gunting
• Cutter khusus scrapbook
• Penggaris
• Tang khusus scrapbook, untuk melubangi lembaran scrapbook yang akan dijilid menjadi album
• Lem atau double tip yang bersifat acid free (tidak membuat kertas dan foto menguning)
• Double tip 3 dimensi (3D), untuk memberikan efek timbul atau 3D pada hiasan
• Pembolong kertas aneka bentuk (misal: hati, mahkota, bunga, dan lain-lain)
• Stempel berbahan kayu atau akrilik aneka bentuk
• Pengikir kertas, untuk mengesatkan dan memberi efek unfinished di pinggiran kertas
• Distress Ink aneka warna, untuk memberi efek gelap dan vintage pada pinggiran pattern paper
• Aneka pattern paper (sesuai tema scrapbook yang akan dibuat)
• Aneka bentuk hiasan, seperti lembaran bingkai bening aneka warna, hiasan berbentuk kalender, renda, pita, kancing, stiker, rugos (huruf gosok). Sesuaikan dengan tema scrapbook yang akan dibuat.

Langkah-langkah pembuatan scrapbook

1. Potong pattern paper sesuai ukuran yang dikehendaki menggunakan cutter.
2. Kikir atau amplas pinggiran pattern paper serta hiasan lainnya menggunakan alat kikir hingga terlihat kasar dan berserabut. Setelah itu, bubuhkan distress ink ke seluruh sisi pinggiran pattern paper yang telah dikikir sebelumnya.
3. Beri double tip ke bagian belakang pattern paper, foto dan hiasan berbahan kertas yang telah dipotong sesuai ukuran. Untuk hiasan seperti renda dan kancing, beri lem.
4. Pada beberapa hiasan, berikan double tip 3D di bagian belakang untuk memberikan efek timbul (3D) saat ditempelkan.
5. Letakkan potongan-potongan pattern paper secara bertumpuk sesuai selera Anda. Tempelkan foto di atas pattern paper yang ukurannya lebih besar dan warnanya kontras dengan foto tersebut.
6. Tumpuk hiasan berbentuk pigura berbahan plastik bening ke atas lapisan foto dan pattern paper.
7. Tambahkan hiasan berbentuk bunga (untuk menghemat, moms dapat mengguntingnya dari pattern paper atau kertas kado motif bunga-bunga) di sisi sebelah kiri foto atau sesuaikan dengan selera dan kreasi Moms sendiri.
8. Tempelkan hiasan berbentuk unik dan bernuansa vintage di bagian atas foto. Selanjutnya gosokkan huruf gosok (rugos) sesuai tema scrapbook yang moms kreasikan.
9. Agar lebih variatif, tambahkan beberapa hiasan bunga yang telah ditempelkan double tip 3D untuk memunculkan kesan timbul. Jika nuansa romantis ingin lebih terasa, letakkan hiasan berupa kata-kata yang dapat menerjemahkan arti foto yang dikreasikan.
10. Agar komposisi warna seimbang, sebagai sentuhan akhir moms dapat menempelkan potongan renda dan beberapa butir kancing di sudut pattern paper yang masih kosong.