Tuesday, March 1, 2011

FIFA akan Bahas Masalah PSSI Besok

Kemelut yang terjadi di tubuh PSSI masih menjadi perhatian dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Dijadwalkan persoalan ini akan dibahas dalam Sidang Komite Asosiasi atau Associations Committee yang akan dilangsungkan di Zurich, Swiss, Senin malam 1 Maret 2011.

Sidang dimulai pukul 16.00 waktu setempat atau Selasa dini hari WIB. Hal ini dinyatakan oleh anggota Komite Etik FIFA, Suryadharma ‘Dali’ Tahir. Menurut Dali hal itu dilakukan FIFA karena prihatin dengan kondisi perkembangan PSSI saat ini.


“FIFA menginginkan semua pihak bisa berpikir jernih sehingga situasinya tidak malah bertambah rumit.” kata Dali dikutip dari situs resmi PSSI, Minggu 27 Februari 2011.


Pada 24 Februari lalu, kata Dali, FIFA juga sudah mengirim surat yang berisi keprihatinan atas pernyataan-pernyataan keras Pemerintah terhadap kebijakan organisasi PSSI. Dikatakan Dali, kalau surat itu juga ditandatangani oleh Sekjen FIFA, Jerome Valcke.


Sidang Komite Asosiasi FIFA, pembahasan di sidang itu dianggap krusial karena hasilnya dapat direkomendasikan untuk dibawa ke pertemuan yang lebih tinggi dan merumuskan keputusan, yakni sidang Exco FIFA.


Sidang Exco FIFA biasanya dipimpin langsung oleh Presiden FIFA, Joseph S Blatter dan dihadiri oleh sembilan wakil Presiden FIFA dan 15 anggota Exco FIFA.