Saturday, March 12, 2011

Anak Buat Kesehatan Orang Tua "Meningkat"

ILUSTRASI: Semakin besar usia anak, kerepotan dalam membesarkan anak akan berkurang sehingga stres yang dirasakan ayah dan ibu mulai pupus. Selain itu anak-anak yang sudah dewasa bisa menjadi sumber dukungan finansial para orangtua, terutama di negara-negara yang penduduk lanjut usianya tidak ditanggung oleh negara. (foto: Google)

Bangun tengah malam untuk menyusui atau mengganti popok, rasa putus asa ketika menghadapi anak yang sedang tantrum mungkin sebanding dengan kebahagiaan yang dirasakan orangtua. Sebuah survei berskala besar menyimpulkan anak-anaklah sumber kebahagiaan sejati para orangtua.


Dalam sebuah survei yang melibatkan lebih dari 200.000 pria dan wanita di 86 negara antara tahun 1981 dan 2005 terungkap orangtua berusia 40 tahun yang memiliki satu hingga tiga anak merupakan yang paling merasa berbahagia dibanding pasangan yang tidak punya anak.


Di lain pihak, orangtua yang berusia kurang dari 30 tahun mengakui kurang begitu bahagia dengan kelahiran anak. Sebaliknya orangtua yang berusia 30-39 tahun memiliki level kebahagiaan sama seperti halnya pasangan yang belum diberi momongan.