Wednesday, April 27, 2011

Satpol PP Diminta Lebih Mengedepankan Penataan Bukan Penertiban

Sei Rampah ( Berita ) : Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Selasa (26/4) bertempat di halaman kantor Bupati Sergai di Sei Rampah memperingati hari ulang tahunnya yang ke-61 dengan pembina upacara Bupati Sergai H.T. Erry Nuradi dan pimpinan upacara Kasatpol PP Sergai Drs. Purba Siregar.


Hadir juga dalam upacara itu Wakil Bupati H. Soekirman, Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, para Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPD, Camat se-Kabupaten Sergai dan seluruh personil Satpol PP se-Kabupaten Sergai serta ribuan peserta upacara.


Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Sergai H.T. Erry Nuradi minta kepada anggota Satuan Polisi Pamong Praja dalam menegakkan Peraturan Daerah (Perda) membangun kemitraan antara Satpol PP dengan masyarakat tanpa mempergunakan kekerasan guna mewujudkan ketertiban umum dan ketentraman serta memberi perlindungan bagi masyarakat.


Ditegaskannya, dalam menghadapi masyarakat secara umum, anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam menjalankan tugasnya tidak dengan cara yang pendek dan gampang seperti memaksa dan menggunakan kekerasan belaka tapi juga bersedia mendengarkan dan mencari tahu hakikat dari permasalahan masyarakat di daerah atau sedapat mungkin menghindari penggunaan kekerasan terbuka.


Oleh karenanya, satpol PP dalam melaksanakan tupoksinya harus lebih mengedepankan penataan bukan penertiban. Karena dengan melalui penataan semangat kebersamaan antara masyarakat dan aparat Satpol PP dalam mewujudkan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dan di lain pihak apabila melalui penertiban akan cenderung bertindak represif, tutur Mendagri


Sementara itu dalam kesempatan yang sama Bupati Sergai Ir.H.T. Erry Nuradi mengatakan tugas dan tanggungjawab Polisi Pamong Praja sebagai ujung tombak dalam mengamankan program-program Kabupaten khususnya dalam penegakan Perda pemerintah sangat diperlukan sekaligus memantapkan posisinya sebagai salah satu unit kerja di dalam struktur Pemda untuk mendukung suksesnya pelaksanaan program pemerintah.


Diingatkan Bupati, kesan negatif dan arogan yang masih ada pada masyarakat terhadap tugas-tugas operasional Satpol PP selama ini diminta supaya diubah dan dibangun sehingga penyelenggaraan pemerintahan daerah dapat berjalan dengan baik, dapat bertindak tegas tapi tetap mengedepankan aspek-aspek manusiawi (humanis)


Usai upacara pokok memperingati HUT ke-61 Satpol PP Sergai tersebut, Bupati Erry Nuradi didampingi Wabup H. Soekirman dan Sekdakab Sergai Drs. H.Haris fadillah M.Si meninjau Jajaran personil pasukan Satpol PP yang tergabung dalam unit pasukan anti huru-hara lengkap dengan atribut dan peralatan standar pengamanan. (fad).