Wednesday, April 27, 2011

China Sita 26 Ton Susu Bermelamin

Ip0bmNyVJJ China Sita 26 Ton Susu BermelaminSusu bubuk China bermelamin (Foto: AFP)

BEIJING – Polisi di China berhasil menyita lebih dari 26 ton susu bubuk beracun yang mengandung melamin. Susu bubuk ini rencananya akan digunakan sebagai bahan campuran pembuatan es krim.

Dinas Kesehatan Publik wilayah Chongqing mengatakan susu ini ditemukan disebuah pabrik pembuat es krim. Pabrik yang membeli susu bermelamin ini dikabarkan sudah tutup untuk perawatan peralatan mereka. Polisi pun menangkap tiga orang yang dianggap terlibat dalam kasus ini.
Melamin pada umumnya digunakan sebagai bahan pelapis dan penghalus bagi permukaan kayu. Selain itu melamin ini digunakan pula dalam bahan campuran keramik.
Seperti dilansir CNN, Rabu (27/4/2011), beberapa perusahaan susu di China kerap menggunakan melamin pada produk susu mereka agar produk mereka memiliki kadar protein yang tinggi.
Skandal mematikan yang melibatkan penggunaan melamin pada produk susu, terjadi di tahun 2008 silam. Saat itu penggunaan melamin pada susu menyebabkan enam bayi tewas dan menyebabkan masalah kesehatan serius pada sekira 300 balita lainnya.
Sebanyak 21 orang ditangkap dan diadili dalam kasus ini. Dua di antaranya bahkan dihukum mati. Sementara perusahaan pembuat susu tersebut dinyatakan bangkrut menyusul penyelidikan yang dilakukan pihak berwenang China.