Wednesday, April 27, 2011

Pikun, Foke Dihadiahi Lampu Otomatis

1356554620X310 Pikun, Foke Dihadiahi Lampu Otomatis Sabrina Asril Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mendapat kejutan sederhana dari para staff dan wartawan hari ini di Balaikota, Jakarta. Pada tanggal 10 April lalu, Fauzi Bowo menginjak usia 63 tahun.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kejadian tak terlupakan dialami orang nomor satu di Jakarta. Gubernur DKI Fauzi Bowo pernah dihadiahi lampu otomatis yang akan mati sendiri saat tidak lagi dipakai. Hadiah itu merupakan kado dari sang anak.

Foke, sapaan akrabnya, pun tertegun melihat aksi sang anak. Foke menceritakan, saat itu dia bertanya kepada anaknya, "Eh, Ini bapakmu kenapa dikasih lampu otomatis?" Sang anak pun menjawab, "Pada saat orang mendekati masa pikun sebaiknya orang bersiap diri."

Mendengar jawaban itu, Foke kemudian tertawa dan baru menyadari usainya telah mendekati usia senja. Pada tanggal 10 April lalu, Foke menginjak usia 63 tahun. Menyadari usianya tak muda lagi, sang Gubernur berharap agar dirinya tidak menjadi pikun beberapa tahun kemudian dan masih bisa mematikan lampu sendiri.

"Ha-ha-ha, saya harap saya nggak pikun, jadi bisa matiin lampu sendiri," ucapnya terkekeh.

Namun, lanjut Foke, dari sikap anaknya itu tersimpan makna agar setiap masyarakat harus bisa melakukan aksi hemat energi. Pada Sabtu, 29 April 2011 nanti Foke mengajak warga DKI untuk turut berpartisipasi Gerakan Jakarta Hemat Energi. Gerakan ini rangka memperingati Hari Bumi tanggal 22 April lalu.

"Kami mengajak warga DKI supaya pada tanggal itu mematikan lampunya selama satu jam dari pukul 20.00-21.00," ungkap Foke.

Gerakan tersebut juga sebagai tindak lanjut dari kampanye Earth Hour yang dilakukan pada 26 Maret lalu. Dengan mematikan lampu sejam pada Earth Hour, DKI mengklaim berhasil menghemat energi sampai 170 mega watt.