Wednesday, April 27, 2011

Pemkab Sergai Peringati Hari Otda Ke-XV

*Bupati Sergai Terima Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik


Sei Rampah ( Berita ) : Upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) yang ke-XV tingkat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dilaksanakan Jajaran Pemkab Sergai di Halaman Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah, Selasa (26/4).


Sementara itu Menteri Dalam Negeri Drs. Gamawan Fauzi SH, MM dalam sambutan tertulisnya pada acara Peringatan hari Otonomi Daerah yang dibacakan Bupati Sergai Ir.H.T. Erry Nuradi MSi mengatakan kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah sampai sejauh ini telah berjalan baik dan mendorong penyelenggaraan pemerintahan daerah menjadi lebih dinamis. Daerah diberikan kesempatan yang luas untuk mengembangkan kreativitas dan inovasinya yang turut mengembangkan partisipasi rakyat dalam memajukan pembangunan daerah.


Turut menghadiri peringatan Hari Otda Wabup Sergai Ir.H. Soekirman, unsur Muspida Sergai, Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah, M.Si, para Asisten, Staf Ahli Bupati, para Kepala SKPD, Camat se-Kabupaten Sergai dan seluruh personil Satpol PP se-Kabupaten Sergai serta ribuan peserta upacara.


Dikemukakan Mendagri, pemekaran daerah pada dasarnya adalah untuk meningkatkan pelayanan publik guna mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat disamping sarana politik di tingkat lokal


Selain itu juga ada tiga hal prinsip perubahan secara drastis setelah diberlakukannya kebijakan desentaralisasi dan otonomi daerah pada tahun 2000, yakni otonomi daerah secara nyata telah mendorong demokratisasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat dengan tetap dalam kerangka NKRI, masyarakat dapat berpartisipasi secara lebih luas untuk turut serta membangun daerahnya sesuai dengan potensi dan kemampuan yang ada. Kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi melalui proses panjang dan berbelit-belit tapi menjadi sangat efisien dan responsif.


Mendagri dalam himbauannya meminta kepada pemerintah daerah sebagai penyelenggara pemerintahan daerah melalui Hari Otda tahun ini, untuk tetap menjaga kualitas pelayanan publik sebagaimana esensi semangat otonomi yaitu meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat dengan menerapkan standar pelayanan minimal sebagai kinerja pelayanan dasar dan wajib melakukan evaluasi secara objektif terhadap capaian kinerja publik sehingga hasilnya dapat menjadi masukan guna memperbaiki kekurangan dan kelemahan yang ada.


Sebelumnya pada upacara Peringatan Hari Otda tingkat Provinsi Sumatera Utara. Bupati Sergai Ir.H.T. Erry Nuradi, M.Si telah menerima penghargaan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) Tahun 2010 terbaik untuk tingkat Kabupaten di Propinsi Sumatera Utara bersama Sembilan Walikota dan Bupati di Propinsi Sumatera Utara.


Penghargaan ini diserahkan Plt.Gubsu H. Gatot Pujo Nugroho, ST kepada Bupati Sergai Ir. H. T. Erry Nuradi, Msi di Halaman Apel Kantor Gubsu Medan, Senin Pagi (25/4).


Oleh karenanya Bupati Sergai dalam arahannya kepada PNS Pemkab Sergai meminta agar semua aparatur pemerintahan di daerah ini tidak cepat berpuas diri dan terus meningkatkan kinerja serta motivasi yang tinggi agar prestasi ini terus dapat dipertahankan dan ditingkatkan dikemudian hari.