Wednesday, April 20, 2011

Saifullah Mengenang Franky Teman Seperjuangan

8239f3d4efc4c2a64e1b6991df417af6 Saifullah Mengenang Franky Teman Seperjuangan

Tempo/Dwi Narwoko

TEMPO Interaktif, Jakarta -Rasa duka menyelimuti perasaan Saifullah Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Timur yang mendengar berita meninggalnya Franky Sahilatua pada Rabu (20/4) pukul 15.15 WIB setelah dirawat di Rumah Sakit Medika, Permata Hijau, Jakarta. Saiful yang berteman akrab dengan Franky mengaku sedih sejak mendengar kabar teman karibnya itu sakit.

“Kalau membayangkan semangat Franky luar biasa. Buat saya dia itu teman seperjuangan. Dulu-dulu ketika saya menjabat sebagai Menteri Negara Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal priode 2004-2007, kami sering menghabiskan malam-malam panjang untuk berdebat atau berdiskusi berbagai hal,” kata Saiful yang dihubungi TEMPO Interaktif melalui telepon seluler.

Saiful berterus terang dia mengenal Franky ketika menjadi wartawan Tabloid DeTIK pada tahun 1993. “Saya dikenalkan Mas Eros (Eros Djarot). Dan pertemanan terus berlangsung hingga sekarang. Franky sesekali mengajar saya mencipta lagu kalau kami sedang bergadangan main gitar. Tetapi merasa saya enggak berbakat serius di seni hobi tersebut jadi ya sekedar untuk kesenangan saja,” papar Saiful yang pada pemilu 1999 menjadi anggota DPR dari PDIP.

Diakui pria kelahiran Pasuruan, 28 Agustus 1964 ini berteman dengan Franky memberikan inspirasi kegairahan serta semangat berkreativitas. Ketika rasa suntuk atau di kala mantan Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Anshor ini menpunyai masalah pelik termasuk dililit persoalan politik, biasanya bersama Franky, Saiful menghabiskan malam-malam panjang.

“Kami sering main catur atau ngobrol ngalor ngidul sambil mengepulkan asap rokok tak henti untuk mencari solusi. Kehadiran Franky menjadi teman mengasyikan,” kata Saiful yang bersama almarhum sering genjrengan gitar menyanyikan dan memainkan beberapa lagu ciptaan Franky antara lain Kemesraan, Perahu Retak, Kereta Malam dan Orang Pinggiran. “Selamat jalan teman, beristirahatlah dengan damai,” imbuh Saiful mengucapkan salam perpisahan untuk Franky.