Monday, April 18, 2011

Tak Gubris Demo, Kemenkeu Tetap Ambil 7% Saham Newmont

Jakarta Pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus memfinalisasi pembelian 7% saham divestasi PT Newmont Nusa Tenggara. Pemerintah tak menggubris aksi demo massa di Sumbawa Barat yang menginginkan saham Newmont diserahkan ke Pemda.
Dirjen Kekayaan Negara Kemenkeu Hadiyanto mengatakan, Kemenkeu telah menegaskan pelaksanaan pembelian 7% saham divestasi Newmont melalui Pusat Investasi Pemerintah (PIP).
Menteri Keuangan sebagai wakil pemerintah telah menyampaikan surat kepada Presiden Direktur Newmont pada 14 April 2011. Dengan pembelian 7% saham divestasi Newmont oleh PIP, maka kewajiban divestasi saham Newmont sesuai Kontrak Karya akan tuntas dilaksanakan,: ujar Hadiyanto dalam siaran pers, Senin (18/4/2011).
Hadiyanto menjelaskan, pembelian 7% saham ini merupakan tahapan terakhir dari kewajiban divestasi saham Newmont sesuai dengan pasal 24 Kontrak Karya Tahun 1986.
Divestasi saham Newmont untuk periode 2006 sampai 2009 sebesar 24% telah dilaksanakan di 2009, yang pembeliannya dilakukan oleh Pemerintah Daerah melalui PT Multi Daerah Bersaing.
Perusahaan ini merupakan perusahaan patungan antara PT Daerah Maju Bersaing (BUMD milik Pemprov NTB, Pemkab Sumbawa Barat, dan Pemkab Sumbawa) sebesar 25% dan 75% oleh swasta.
Saat ini PIP sedang melakukan finalisasi term and conditions pembelian saham dengan Newmont yang meliputi antara lain mengenai pembayaran, hak, dan kewajiban para pihak. Serta hal lain yang merupakan teknis pelaksanaan penjualan saham, tutur Hadiyanto.
Hadiyanto mengatakan, masuknya pemerintah pusat sebagai salah satu pemegang saham Newmont dilandasi kepentingan negara yang lebih besar, yaitu komitmen pemerintah pusat untuk membangun tata kelola dan pengawasan yang lebih baik bagi pelaksanaan pengusahaan mineral di Indonesia.
Dalam konteks ini pemerintah merupakan pihak dalam Kontrak Karya, sehingga pengawasan pelaksanaan Kontrak Karya dapat lebih efektif dilakukan oleh pemerintah pusat sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif, jelas Hadiyanto.
Pemerintah pusat juga berkomitmen kehadirannya sebagai pemilik saham Newmont akan memberikan kontribusi bagi peningkatan nilai dan tata kelola Newmont.
Seperti diketahui, hari ini massa di Sumbawa berdemo menuntut 7% saham divestasi Newmont diserahkan ke Pemda. Demo yang terjadi berjalan rusuh. Massa pun sampai saat ini masih memasang tenda untuk menginap di kawasan tambang Newmont.
Total dana yang akan dikeluarkan pemerintah pusat melalui PIP untuk membeli sisa 7% saham divestasi Newmont? sebesar US$ 217,6 juta.