Friday, December 31, 2010

Erwin Parengkuan Meramal Kepribadian Tamunya


Pemandu acara Erwin Parengkuan (40) bisa ”membaca” kepribadian pesan singkat SMS. Mereka yang terbiasa membalas pesan dengan cepat, tetapi singkat, kata Erwin, bisa dikategorikan sebagai Si Gesit.


”Apalagi kalau pesannya diketik salah karena si Gesit biasanya selalu terburu-buru. Sebaliknya, mereka yang tak pernah langsung membalas, tetapi pesannya disampaikan dengan detail, adalah tipe Si Rinci,” tutur Erwin dalam acara workshop komunikasi berdasarkan bukunya yang berjudul Click di Jakarta, Kamis (9/12).


Dalam buku, Erwin menyebut empat kepribadian manusia, yaitu Si Gesit, Si Rinci, Si Kuat, dan Si Damai. Si Gesit adalah orang yang melakukan sesuatu dengan cepat. Ini bertolak belakang dengan Si Rinci yang selalu berpikir matang sebelum bertindak. Dua kepribadian lain adalah Si Kuat yang selalu ingin tampil dominan dan Si Damai cenderung mengikuti apa kata orang.


Apa pentingnya mengetahui kepribadian orang lain bagi Erwin?


”Ini penting karena pekerjaan saya di bidang komunikasi. Tak jarang saya harus mewawancarai orang. Pasti akan lebih enak kalau orang yang diwawancara bisa menjawab dengan detail,” katanya.


”Kalau orangnya ’dingin’, yang terjadi adalah lempeng.com. Padahal, waktu yang tersedia untuk menjawab masih panjang,” kata Erwin.