Thursday, June 16, 2011

Lomba Buat Aplikasi Berhadiah 50 Ribu Dolar AS

JAKARTA - Bagi yang gemar membuat program atau aplikasi komputer, AMD menantang pengembang perangkat lunak untuk mengikuti kompetisi Coding OpenCLT AMD dengan hadiah sebesar 50.000 dolar AS. Kontes yang diselenggarakan oleh TopCoder dimaksudkan mendorong pembuatan aplikasi yang memanfaatkan OpenCLT serta arsitektur AMD Fusion accelerated processing unit (APU).

Manju Hedge, corporate vice president, AMD Fusion Experience Program dalamm keterangan pers-nya kepada Tribunnews, Rabu (15/6/2011) mengatakan kompetisi coding OpenCL ini merupakan permulaan dari gelombang baru pengembangan aplikasi oleh komunitas perangkat lunak karena mereka memanfaatkan komputasi heterogen pada berbagai platform.

Teknologi AMD Accelerated Parallel Processing (APP) (dulu ATI Stream) merupakan seperangkat teknologi perangkat keras dan perangkat lunak canggih yang mendukung. OpenCL dan memberikan GPU dengan kemampuan komputasi tinggi secara paralel untuk bekerja selaras dengan sebuah sistem CPU untuk mempercepat aplikasi melebihi grafis x86 tradisional dan pemrosesan video.

AMD Fusion APUs mengombinasikan teknologi x86 multi-core dengan GPU berkemampuan DirectXr 11 level terpisah pada sebuah desain tunggal prosesor, yang dihubungkan dengan koneksi berkecepatan tinggi, untuk memberikan kinerja komputasi hingga 500 gigaflopsi.

Pengembang dan pelajar yang berpartisipasi akan diminta untuk menyerahkan sebuah abstrak yang menggambarkan rencana mereka menggunakan seperangkat pengembang software (software development kit/SDK) AMD APP generasi terbaru dengan dukungan OpenCL untuk menciptakan aplikasi accelerated bagi platform AMD Fusion APU.

Kontestan dapat memilih untuk menciptakan aplikasi pada semua kategori, antara lain sebagai berikut pemrosesan video, pemrosesan gambar, keamanan, Human Computer Interface, data mining, gaming, pemrosesan fisika, jejaring sosial/ komunikasi dan lain-lain. Untuk mendapatkan informasi serta peraturan lengkap dari kompetisi Coding AMD OpenCLT, silakan kunjungi http://community.topcoder.com/amdapp/