Monday, June 20, 2011

Pohon Ditebang, Jalan di Klender Ditutup


Sebanyak 1.056 pohon yang tumbuh di sepanjang Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur, bakal segera ditebang. Ini seiring rencana pembangunan Koridor XI Bus TransJakarta Jurusan Kampung Melayu-Pulo Gebang.

Akibatnya, Jalan I Gusti Ngurah Rai akan ditutup agar proses penebangan pohon berjalan lancar dan para pengendara kendaraan tidak terganggu. Penutupan jalan dijadwalkan mulai berlaku dua pekan mendatang.

Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Anggiat Banjar Nahor, di Jakarta, Minggu, 19 Juni 2011, mengatakan arus lalu lintas selanjutnya akan dialihkan ke beberapa ruas jalan yang ada di sekitarnya. 'Seperti Jl. Basuki Rahmat, Jl. Kolonel Soegiono, Jl. R. Sukamto, Jl. Dermaga dan sejumlah jalan lainnya. Prinsipnya adalah aktivitas warga tidak akan terganggu setiap harinya,' ujar Nahor.

Penutupan Jalan I Gusti Ngurah Rai, ujar Nahor, hanya akan diberlakukan untuk satu jalur saja, sedangkan jalur lainnya tetap bisa digunakan oleh pengendara kendaraan bermotor.

Dia memastikan begitu jadwal penutupan sudah disepakati, pihaknya akan mensosialisasikan penutupan jalan itu kepada masyarakat luas. 'Pembangunan Koridor XI Bus TransJakarta ini akan dikebut sehingga dibutuhkan kerjasama antar unit terkait. Terlebih ditargetkan, pada bulan November 2011 ini pembangunan koridor tersebut harus sudah rampung,' katanya.

Dihubungi terpisah, Kepala Suki Dinas Pertamanan Jakarta Timur, Tuti Erwina Haryanti, mengatakan sejauh ini pihaknya masih menginventarisir pohon-pohon yang akan ditebang. Termasuk dalam proses itu adalah mencari pohon-pohon yang kemungkinan masih bisa ditanam di tempat lain.

'Sekarang sedang dilakukan inventarisasi, insya Allah akhir Juni atau awal Juli penebangan pohon ini dapat dilakukan,' ujarnya singkat.

Penutupan sebagian jalur pengendara kendaraan bermotor makin banyak diberlakukan di sejumlah jalan di Jakarta. Penutupan jalan yang paling terasa karena menyebabkan kemacetan panjang terjadi di Jalan Casblanca. Penutupan jalan ini ditempuh karena adanya pembangunan jalan layang nontol yang akan menghubungkan Kampung Melayu dan Tanah Abang. (kd)