Wednesday, December 8, 2010

Festival Museum Nusantara


Pernahkah anda mendengar Festival Museum Nusantara? Festival Museum Nusantara adalah sebuah ajang promosi untuk memperkenalkan Museum yang ada di Taman Mini keseluruh penjuru Nusantara. Ajang ini mengambil tema Festival Museum Nusantara yang disponsori oleh http://kemuseumyuk.com. Kampanye Festival Museum Nusantara TMII 2010 dilakukan dalam rangka menarik kembali minat masyarakat terhadap sejarah-sejarah yang terdapat di museum-museum nusantara Indonesia. Seperti yang diberitakan bahwa sekarang banyak orang-orang menghiraukan sebuah aset budaya bangsa. Kampanye yang unik karena diadakan melalui sebuah kontes SEO yang bertajukkan “Kenali bangsa dengan mengunjungi museum-museum di Taman Mini Indonesia Indah”.

Festival Museum Nusantara Festival Museum Nusantara sebagai Wadah budaya

Budaya atau Kebudayaan Indonesia adalah keseluruhan budaya yang ada di tanah air yang terdiri dari beragam suku dan bangsa.
Kebudayaan Indonesia walau beraneka ragam, namun pada dasarnya terbentuk dan dipengaruhi oleh kebudayaan besar lainnya seperti kebudayaan Tionghoa, kebudayaan India dan kebudayaan Arab. Kebudayaan India terutama masuk dari penyebaran agama Hindu dan Buddha di Nusantara jauh sebelum Indonesia terbentuk. Kebudayaan Tionghoa masuk dan mempengaruhi kebudayaan Indonesia karena interaksi perdagangan yang intensif antara pedagang-pedagang Tionghoa dan Nusantara (Sriwijaya). Kebudayaan Arab masuk bersama penyebaran agama Islam oleh pedagang-pedagang Arab yang singgah di Nusantara dalam perjalanan mereka menuju Tiongkok.

Mari kita berpartisipasi mengkampanyekan Festival Museum Nusantara Taman Mini Indonesia Indah 2010 dan promosikan budaya Indonesia di mata Internasional dan bagi kita sendiri di seluruh penjuru nusantara. Semoga dengan festival museum nusantara kita sebagai bangsa tahu jati diri bangsa ini. Jangan sampai aset budaya kita ini diambil oleh negara lain. Jangan biarkan itu terjadi kembali !!!