Saturday, February 26, 2011

Sanksi Dicabut Jika Minta Maaf


ARENAKU.COM – Jika memang ditemukan adanya indikasi campur tangan dari pemerintah terhadap PSSI maka FIFA akan menjatuhkan sanksi kepada organisasi sepak bola di Indonesia tersebut.


Hal ini ditegaskan anggota Komisi Disiplin PSSI, Hinca Panjaitan, dalam Diskusi Hukum tentang Lex Sportiva Kedaulatan Negara Versus Kedaulatan FIFA di Jakarta, Jumat siang.


Hinca menyebutkan jika FIFA menjatuhkan sanksi tersebut, maka PSSi dipastikan tidak akan memiliki hak suara di kongrs badan sepak bola tertinggi tersebut.


“PSSI tetap anggota FIFA dalam posisi terhukum, tidak punya hak suara di kongres FIFA, AFC dan tidak punya hak mengirimkan timnya ikut seluruh konmpetisi di bawah FIFA. Tidak boleh melakukan pertandingan persahabatan didalam dan diluar,” tegas Hinca.


Hinca menegaskan sanksi terberat yang harus ditanggung PSSI adalah peringkat Indonesia di FIFA langsung merosot ke urutan terendah. “Dari 208 anggota langsung ke peringkat 208 dan nilainya 0,” imbuhnya seperti dilansir dari tribunnews.


Ketika ditanyakan berapa lama hukuman FIFA akan dicabut karena adanya intervensi pemerinta, Hinca mengungkapkan masa sanksi tidak terbatas.


“Bisa besok paginya dan bisa tak selesai-selesai sepanjang negara belum minta ampun. Saya mau bikin ekstrim kata-katanya biar marah kita semua. Sepanjang negara tidak campur tangan lagi, baru sanksi dicabut,” katanya.[lur]