Saturday, February 26, 2011

Longsor Mengancam Kecamatan Borobudur

2032045p Longsor Mengancam Kecamatan Borobudur
KOMPAS/WAWAN H PRABOWO
Ilustrasi

MAGELANG, KOMPAS.com - Longsor mengancam sejumlah di lereng Pegunungan Menoreh di Dusun Kapuhan, Desa Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang pada Jumat (25/2/2011) dini hari.

Longsor terjadi di empat titik di Dusun Kapuhan, usai terjadi hujan deras.

Salah satu titik longsor adalah tebing di sebelah Joyo Marsin dan longsoran itu mengancam milik Jumadi yang terletak persis di bawahnya. Timbunan tanah longsor menumpuk dengan ketinggian sekitar 15 meter.

Kondisi Joyo Marsin sangat rawan karena tiang penyangga dapur menggantung.

Selain itu, sebuah ruang mushala juga terancam longsor karena tanah di sekitarnya sudah retak-retak. Jika hujan kembali turun dikhawatirkan longsor akan semakin meluas.

Tokoh masyarakat Kapuhan, Budi mengatakan longsor juga terjadi di tiga titik lain. Longsoran terbesar terjadi di dekat SD dan SMP Satu Atap, bahkan longsoran tersebut sampai menutup jalur antardusun.

Ia mengatakan, jalan menuju Dusun Keruk Munggah sempat terputus karena tertutup tanah longsor.

"Warga sempat terisolasi, namun kemudian warga bekerja bakti dibantu sejumlah anggota TNI membuka akses jalan," katanya.

Ia mengatakan warga di sekitar pegunungan Menoreh harus berhati-hati karena hujan deras bisa memicu tanah longsor di permukiman sekitar pegunungan Menoreh.