Saturday, February 26, 2011

Penyakit Lupus Dan Odapus

Mungkin sebagian besar dari masyarakat kita belum banyak yang mengetahui penyakit satu ini.Penyakit lupus sering juga dijuluki peniru ulung dan orang yang menderita penyakit ini disebut Odapus ( orang hidup dengan lupus ).


Penyakit ini banyak menyerang wanita produktif.Munculnya penyakit dapat spontan atau didahului faktor pemicu.Setiap serangan biasanya disertai gejala umum seperti,demam,bada lemah,nafsu makan berkurang dan berat badan meurun.


Penyakit lupus adalah sebutan umum dari suatu kelainan yang disebut sebagai lupus erythematosus.Seseorang dapat dikatakan menderita penyakit lupus erythematosus,saat tubuhnya menjadi alergi pada diri sendiri.Lupus adalah istilah dari bahasa latin yang berarti serigala.Hal ini disebabkan penderita penyakit ini pada umumnya memiliki ruam merah berbentuk kupu-kupu di pipi yang serupa di pipi serigala,tetapi berwarna putih.


Penyakit ini dalam ilmu kedokteran disebut Systemic Lupus Erythematosus ( SLE ),yaitu ketika penyakit ini sudah menyerang seluruh tubuh atau sistem internal manusia.Dalam ilmu imunologi atau kekebalan tubuh,penyakit ini adalah kebalikan dari kanker atau HIV/AIDS.Pada lupus,tubuh menjadi overacting terhadap rangsangan dari sesuatu yang asing dan membuat terlalu banyak antibody atau semacam protein yang malah ditujukan untuk melawan jaringan tubuh sendiri.Lupus disebut juga sebagai autoimmune disease ( penyakit dengan kekebalan tubuh berlebihan ).


Penyakit lupus memiliki 3 macam bentuk,yang pertama yaitu Cutaneus Lupus,seringkali disebut Discoid yang mempengaruhi kulit.Kedua,Systemic Lupus Erythematosus ( SLE ) yang menyerang organ tubuh seperti kulit,persendian,paru-paru,darah,pembuluh darah,jantung,ginjal,hati,otak dan syaraf.Ketiga,Drug Induced Lupus ( DIL ),timbul karena menggunakan obat-obatan tertentu,setelah pemakaian dihentikan,umumnya gejala akan hilang.


Odapus ( orang hidup dengan lupus ) akan menghindari hal-hal yang dapat membuat penyakitnya kambuh dengan : menghindari stres,menjaga agar tidak lagsung terkena sinar matahari,mengurangi beban kerja yang berlebihan,menghindari pemakaian obat tertentu.


Odapus dapat hidup layaknya orang normal jika berobat dengan teratur,minum obat teratur yang diberikan oleh dokter ( yang biasanya diminum seumur hidup ).