Friday, February 25, 2011

Mitsubishi Buat Peranti Power Steering Elektrik Baru

72a040051555fef5581fcda620c58fd8 Mitsubishi Buat Peranti Power Steering Elektrik Baru


TEMPO Interaktif, California – Sekitar 40 persen lebih mobil keluaran terbaru di seluruh dunia kini telah dilengkapi peranti power steering elektrik. Selain menjadikan tingkat pengendalian (handling) mobil lebih ringan dan stabil, penggunaan perangkat itu juga mampu menghemat konsumsi bahan bakar 3-5 persen.

Tak ingin tertinggal dengan produsen lainnya, Mitsubisihi Motor Corporation dan anak perusahaannya, Mitsubishi Electric mengembangkan power steering electric dengan teknologi yang selangkah lebih maju. “Mitsubishi menciptakan peranti pengontrol power steering dengan bobot lebih ringan dan berukuran lebih kecil,” laman thegreencarwebsites.co.uk menuliskannya, Jumat(25/2).

Ukuran peranti itu 50 persen lebih kecil ketimbang peranti serupa produksi pabrikan lain. Bobotnya 30 persen lebih ringan dibadingkan dengan piranti yang sudah ada. “Namun, peranti ini juga cocok untuk dipasang di mobil merek manapun,” situs itu menerangkan.

Berkat ukuran yang ringkas dan bobot lebih ringan, pengendalian mobil jauh lebih mudah, stabil, dan pengemudi semakin nyaman. Bahkan, bila dibanding peranti sama yang ada saat ini peningkatan ketiga aspek itu mencapai 30 persen.

“Saat ini lebih dari 40 persen mobil baru dilengkapi pengontrol powersteering sehingga mampu menghemat bahan bakar 3-5 persen. Karenanya, kini peranti yang lebih ringan dan ringkas menjadi sebuah tuntutan,” kata Mark Rakoski, direktur penjualan dan teknik Mitsubishi Electric Automotive Amerika.

Hanya, hingga kini belum ada informasi resmi mulai kapan peranti itu dipasang di mobil Mitsubishi atau dipasarkan.