Monday, February 21, 2011

PT Air Manado Kesannya Tipu Pelanggan


MANADO – Kesan tak baik terus ditunjukkan PT Air Manado yang mengelola air bersih ke pelanggan PDAM di Kota Manado. Pasalnya, sejak akhir tahun lalu PDAM membuat program penambahan pelanggan air baru, sehingga banyak warga yang menjadi pelanggan.


Sayangnya sebagian besar warga yang menjadi pelanggan air baru ini merasa ditipu. Hal ini karena air hanya pada bulan Desember yang jalannya bagus. Setelah itu, air sudah kadang jalan. ”Kadang seminggu air hanya sekali jalan, kadang nanti dua minggu baru air jalan, ”ujar Jerry Erungan, warga Bumi Beringin Lingkungan Satu, Wenang, Manado.


Menurut Jerry, kondisi ini membuat warga enggan membayar iuran PDAM, lebih kesal lagi setelah warga melakukan pembayaran iuran yang harus dibayar mencapai Rp 200 ribu lebih, padahal airnya tidak jalan sesuai harapan. ”Terus terang kalau PT Air caranya begini kami merasa seperti ditipu, dan bisa saja kami mengadukan ke aparat mengenai prilaku buruk PT Air terhadap pelanggaran, ”ujarnya.


Sementara itu, Olga, seorang pelanggan PDAM di Manado, mengatakan, setelah instalasi airnya dipasang, dia belum mendapatkan kwitansi pembayaran, sehingga masih bingung berapa tarif yang harus dibayar serta lokasi pembayarannya di mana.(abm)