Saturday, January 29, 2011

Lowongan kerja: Bikin Resume atau Daftar Riwayat hidup yang ampuh dan jitu hingga tips terbaik saat wawancara kerja


Sederhana tapi kalau tidak diperhatikan, bisa berakibat fatal. bikin surat lamaran kerja banyak ternyata gara-gara tidak memenuhi standar atau tidak bisa menarik perhatian HRD perusahaan yang dituju, membuat anda tidak dipanggil dan tentunya perlu melihat dan belajar pengalaman dari yang sudah atau pernah mencapai hasil bikin resume yang baik dan benar.


Informasi Mengenai Resume Berbasis Teks


Written by Mr. Endi




Resume atau riwayat hidup dan surat pengantar merupakan awal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan berbagai hal tentang peluang kerja. Istilah lain untuk hal ini sering disebut juga dengan Curriculum Vitae. Tujuan dari resume berbasis teks yang dikenal juga dengan istilah scannable resume ini, adalah sama dengan resume yang dibuat secara tradisional, yaitu untuk membantu anda mendapatkan pekerjaan.


Namun jika dilihat dari disain dan tata letak resume berbasis teks ini sedikit berbeda dengan resume yang dibuat secara tradisional, dan umunya merupakan hal yang fital bagi mereka yang akan mencari pekerjaan untuk perlu mengetahui bagaimana mempersiapkan resume berbasis teks ini. Mengingat, pencari kerja tidak jarang akan menemukan permintaan agar resume mereka diminta dalam bentuk teks, karena umumnya mereka meminta pencari kerja untuk mengirimkan resume yang bersangkutan melalui e-mail. Pada bagian ini, kita akan mengangkat bagaimana penyusunan yang sebaiknya dilakukan dalam pembuatan resume berbasis teks tersebut. Yang perlu diingat adalah resume yang dibuat merupakan kesimpulan padat tentang prestasi, kepandaian, kecakapan dan hasil yang pernah dicapai oleh anda selama ini. Termasuk juga di dalamnya tentang pendidikan yang pernah dilalui, pengalaman kerja, dan harus memperlihatkan kekuatan yang anda miliki.


Penggunaan resume berbasis teks tidak memiliki format yang memiliki kekayaan disain seperti halnya pada resume yang dibuat dengan menggunakan cara tradisional. Pada banyak perusahaan, terutama perusahaan yang hitech, menggunakan gudang data untuk menyimpan resume yang mereka terima. Pada saat mereka membutuhkan tenaga kerja, mereka akan melakukan pencarian pada gudang data tersebut, karena data-data tentang pencari kerja yang masuk dikumpulkan di sini. Dengan demikian, apabila mereka menggunakan database tersebut, maka pencarian akan lebih mudah ditemukan secara cepat dan efisien untuk mendapatkan pencari kerja yang sesuai dengan kualifikasi yang mereka harapkan.


Pencarian dengan menggunakan teknologi komputer, tentu saja dilakukan oleh mereka dengan menggunakan kata kunci yang menerangkan tent5ang skill dan tingkat pendidikan yang dibutuhkan pada posisi tersebut. Sehingga dengan demikian perlunya pengetahuan penyusunan resume berbasis teks ini merupakan hal yang penting bagi para pekerja. Terutama penggunaan kata, istilah, yang mungkin sering mereka gunakan pada saat pencarian, terutama pada saat menerangkan skill anda maupun pengalaman kerja sebelumnya.


Terakhir, perlu diingat, bahwa resume berbasis teks ini memiliki judul-judul yang sama dengan resume tradisional: seperti bagian untuk identitas anda baik nama, alamat, dan nomor telepon yang bisa dihubungi, uraian singkat tentang pekerjaan, pengalaman kerja, jenjang pendidikan, penghargaan yang pernah diterima, aktivitas kerja, training yang pernah diikuti, beserta sertifikasi yang pernah diterima. Gunakan format secara tradisional, hindari penggunaan banyak kolom dalam mendeskripsikan bagian yang sedang anda ungkapkan


Nah, berikut ini contoh surat lamaran yang baik. klik di sini


Selain itu, setelah anda dipanggil, tentu anda mesti melakukan wawancara dan ini juga sangat menentukan.


10 Tips Terbaik Wawancara Kerja


Written by Mr. Endi





Banyak hal yang sangat menentukan bagi pemburu lowongan kerja dapat menemukan suatu pekerjaan yang diharapkan. Dari sekian banyak hal dan banyak faktor tersebut, sudah tidak dipungkiri lagi bahwa sesi dalam wawancara atau bahasa ng-trendnya juga dikenal dengan isitilah interview sangat menentukan keberhasilan seseorang untuk merebut dan mendapatkan lowongan kerja yang tersedia.


Baik berikut ini adalah 10 tips terbaik yang harus kita cermati jika kita menginginkan sesi Tanya jawab, sharing, dan perbincangan dari suatu sesi wawancara dapat berjalan dengan baik dan sesuai yang kita harapkan:



  1. Hal pertama yang amat sangat penting harus dilakukan adalah mendapatkan konfirmasi yang jelas tentang dimana dan waktu sesi wawancara akan dilakukan minimal sebaiknya sehari sebelum wawancara kerja dilaksanakan. Hal ini bertujuan agar kita tidak tergopoh-gopoh sesaat sebelum sesi wawancara dilakukan, karena kita bisa memperkirakan kapan waktuberangkat dari tempat tinggal dengan tepat sehingga tidak terlambat.

  2. Memilih pakaian yang kita rasa paling tepat sesuai tema perusahaan tempat kita akan melakukan wawancara. Biasanya sih sering direkomendasikan untuk memakai dan mengenakan pakaian formal terbaik yang kita miliki. Namun tidak harus juga memakai pakaian formal karena jenis pakaian sangat tergantung dari lowongan tempat kerja yang kita incar. Jangan lupa juga untuk menyakinkan diri kita memiliki kualitas pribadi yang tinggi dengan memperlihatkan sikap-sikap sederhana yang positif seperti misalnya berjabat tangan dengan erat penuh optimis, melakukan tatapan mata dengan penuh percaya diri, dan tidak ada salahnya sesekali senyum.

  3. Kemudian sangat disarankan untuk melakukan pencarian informasi hal-hal apa saja yang dibutuhkan ketika melakukan wawancara, seperti misalnya bagaimana model interview yang akan dilakukan (panel interview atau one on one interview), informasi sekilas tentang perusahaan tempat yang menyediakan lowongan yang kita incar, analisis apakah perlu membawa contoh pekerjaan yang pernah kita lakukan sebelumnya, jika dalam interview ada tes atau ujian maka sebaiknya tidak ada salahnya mengetahui prosedur bentuknya dengan baik, dan masih banyak lagi informasi penting lainnya yang sebaiknya kita ketahui sehingga kita benar-banar telah siap untuk melakukan wawancara.

  4. Coba diskusikan dengan teman yang kita percayai tentang resume, CV, surat lamaran, atau berkas file lainnya yang kita kirim ke calon perusahaan yang menginterview! Hal ini bertujuan untuk menganalisa perkiraan pertanyaan yang mungkin akan diajukan oleh pewawancara kerja, dimana biasanya sebagian besar pertanyaan tersebut berasal dari data diri kita yang telah diterima oleh perusahaan. Dengan melakukan hal ini maka kita dapat mengantisapasi dalam menjawab pertanyaan yang diajukan lebih baik lagi.

  5. Memiliki argument dan pendirian yang jelas tentang diri kita yang dapat kita berikan kepada perusahaan. Terkadang pelamar sering demam panggung atau grogi ketika wawancara, sehingga tidak dapat mengungkapkan argument pribadi dengan baik. Pihak pewawanca dalam seharinya mungkin dapat menginterview ratusan pelamar, oleh karena itu kita harus tegaskan pendirian yang dimiliki dengan tegas dan menarik.

  6. Persiapakan diri untuk dapat memiliki kemampuan berbicara dengan baik, namun biasanya kemampuan berbicara dengan baik ini sangat susah dimiliki dalam waktu instant. Oleh karena itu sebaiknya sejak dini untuk melatih kemampuan ini seperti misalnya lebih banyak bersosialisasi dengan orang dan rajin menelaah atau membaca informasi baru (seperti membaca koran, mengikuti seminar, dll). Kemampuan berkomunikasi dengan baik sangat diperlukan terutama untuk mengantisipasi ternyata pertanyaan yang diajukan lebih memakan waktu yang diperkirakan sehingga dalam kasus ini kemampuan berkomunikasi kita akan benar-benar akan diuji!

  7. Melakukan latihan sendiri dalam menyampaikan materi yang akan hendak kita sampaikan. Hal ini diperlukan karena terkadang dalam suatu wawancara, pelamar terkadang diminta untuk melakukan presentasi tentang dirinya sendiri. Lakukan presentasi dengan baik dimana sebaiknya jelas, sederhana dan tegas. Jangan menyampaikan presentasi terlalu lama atau sebaliknya terlalu singkat.

  8. Dalam akhir sesi wawancara, biasanya kita diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan. Dalam hal ini sebaiknya kita mempersiapakan pertanyaan sebelum sesi wawancara dilakukan. Persiapakan pertanyaan dengan baik dan tepatm, jangan keluar ke pertanyaan yang tidak jelas. Ajukan pertanyaan misalnya tentang program latihan yang kita dapatkan terkait dengan posisi pekerjaan yang ditawarkan, peluang kesempatanberkarir di perusahaan tersebut, dll.

  9. Tidak ada salahnya untuk membawa catatan kecil, hal ini berguna untuk mencatat hal-hal yang penting. Jangan malu-malu untuk melakukan hal ini, selain kita akan terlihat professional, catatan ini juga akan berguna sebagai panduan pembelajaran untuk pengalaman menghadapi interview lagi kedepannya jika kita ditolak oleh perusahaan yang kita incar sekarang.

  10. Setelah melakukan wawancara, sebaiknya segera melakukan follow up dengan baik (tapi ingat jangan berlebihan yang dapat memperlihatkan kita jobless). Jangan lupa memberikan pandangan mata dan tersenyum dengan baik dan percaya diri, menunjukkan kita tampak professional, sesaat meninggalkan ruang wawancara. Kirim surat ke pewawancara, bahwa kita serius berminat akan lowongan kerja tersebut maksimal 1×24 jam setelah wawancara.






Nah, setelah tahapan wawancara, baru anda tinggal menunggu hasilnya diterima atau tidak. Dan jika sudah diterima. selamat atas perjuangan anda. Jangan pernah putus asa. terus mendaftar karena usaha yang keras pasti membuahkan hasil dan nantinya setelah diterima terus kemudian ditengah jalan harus berhenti. Anda sudah cukup punya bekal informasi di atas. lanjutkan lagi mendaftar kerja. Dan tetap optimis mendapatkan pekerjaan jauh lebih baik dari perusahaan sebelumnya. Ingat, jangan pernah berhenti dan masa depan di tangan anda sendiri dan bukan asal jatuh dari langit.


SELAMAT BERJUANG DAN JANGAN PERNAH PUTUS ASA!!