Sunday, January 16, 2011

Manfaat Seks Bagi Kesehatan


Manfaat Seks Bagi Kesehatan - Seks adalah salah satu perekat dalam hubungan rumah tangga. Ibarat sayur tanpa garam, pernikahan tanpa adanya seks, maka kehidupan Anda dan pasangan pasti sangatlah hambar.

Selain itu, seks bukan saja menjanjikan kenikmatan bagi pasangan suami istri, lebih daripada itu, menurut penelitian, seks sangat baik bagi kesehatan, dimana dalam hal ini bagi pasangan suami istri.


Berikut ini adalah beberapa manfaat dari aktivitas bercinta yang sangat menguntungkan bagi kesehatan Anda dan pasangan.

1.Seks menyehatkan jantung
Tahukah Anda bila aktivitas seks dapat menyehatkan jantung? Menurut George Davey Smith seorang peneliti dari Universitas Bristol, Inggris, seperti yang dikutip dari HealthToday bahwa apabila hubungan seks dilakukan secara teratur dapat menjaga kesehatan jantung.

Tanpa Anda sadari, dari sekali melakukan hubungan seks, berarti Anda telah meningkatkan denyut jantung menjadi 120-130 kali per menit. Dan itu setara dengan aktivitas menaiki tangga.

2.Seks dapat mengurangi rasa nyeri
Bagi Anda yang sering merasakan nyeri pada sendi, ternyata seks dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang sering Anda rasakan. Meskipun para peneliti belum menemukan penyebab pasti kurangnya rasa nyeri tersebut, namun kuat dugaan jika perangsangan kelenjar adrenal (anak ginjal) yang menghasilkan kortison (hormon yang bersifat anti radang) adalah pahlawan yang mengurangi rasa nyeri tersebut.

3.Seks mencegah impotent
Menjalankan aktivitas seks secara teratur, ternyata dapat mencegah impotensi. Ibarat latihan fisik, seks yang bisa memperbaiki aliran darah ke seluruh tubuh, dapat memperlancar aliran darah ke penis, yang apabila aliran tersumbat, bisa menyebab impotensi.

4.Seks bisa bakar kalori
Seks bisa dikategorikan sebagai latihan fisik yang bisa membakar kalori dalam tubuh. setiap kali Anda bercinta sedikitnya dibutuhkan 200 kalori. Dan dalam tempo waktu sekitar empat menit, sejak menjelang orgasme hingga mencapai titik klimaks Anda dapat menghabiskan sebanyak 25,6 kalori. dan itu artinya Anda sudah berhasil mengeyahkan sebagian kecil kalori dalam tubuh Anda setiap satu kali bercinta.

5.Seks memperpanjang usia?
Menurut hasil penelitian medis, menunjukkan jika aktivitas seks dilakukan secara rutin, maka dari masing-masing pasangan suami istri dapat tercegah dari gangguan pencernaan, migren, infeksi usus besar, tekanan darah tinggi dan rasa lelah.

Sebuah penelitian di Inggris dengan 900 responden pria usia 45-59 tahun menunjukkan bahwa mereka yang berhubungan intim dan mengalami orgasme dua kali seminggu, usianya lebih panjang 10 tahun dibanding mereka yang hanya bercinta sekali dalam sebulan.

6.Seks mampu meningkatkan sistem imun
Dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Ohio, AS, menyatakan bila hubungan seks bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh masing-masing pasangan. Hal itu dikarenakan, suatu zat kimia yang bernama endokrin yang dihasilkan oleh otak, dapat memberikan rasa nyaman dan membuat daya tahan tubuh menjadi meningkat, serta dapat menghilangkan rasa sakit saat pihak wanita mendapat haid.

7.Seks ampuh mengenyahkan stres
Rasa stres yang dipicu oleh hormon kortisol, ternyata bisa diredam dengan Anda melakukan hubungan intim dengan pasangan. selain otot-otot yang tegang menjadi rileks, Anda pun bisa meraih kenikmatan dari aktivitas seks itu sendiri, sehingga stres dapat seketika lenyap seketika.