Sunday, May 8, 2011

Banten Berpotensi Masih Terus di ‘Airin’

angin948074@ Banten Berpotensi Masih Terus di Airin
ilustrasi – IstimewaBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memprakirakan wilayah Kabupaten Lebak, Banten, Minggu (8/5/2011) masih diguyur hujan dengan tiupan angin rata-rata 14 knot atau 28 kilometer per jam.

Pengamat cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Halim Perdana Kusuma, Sabtu, menyebutkan, diprakirakan beberapa hari ke depan hujan ringan dan sedang berpeluang melanda wilayah Kabupaten Lebak.

Sebab saat ini masih masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau. Namun, intensitas hujan makin berkurang dibandingkan Maret 2011.

Hujan tersebut diprakirakan berlangsung antara satu sampai empat jam dan terjadi padi siang hingga sore hari. Daerah yang dilanda hujan ringan dan sedang yakni Kecamatan Rangkasbitung, Bayah, Panggarangan, Malingping, Wanasalam, Cibadak, Warunggunung, Cileles, Cipanas, Sajira, Cimarga, Gunungkencana, dan Leuwidamar.

Tiupan angin kencang rata-rata 10 knot dan bergerak dari arah barat daya. Suhu pada siang hari berkisar 23 hingga 31 derajat Celcius dengan suhu kelembaban antara 67-96 persen.

Halim mengimbau warga yang tinggal di daerah aliran sungai (DAS) agar selalu waspada longsor jika hujan turun, meskipun intensitas ringan dan sedang.

Biasanya, masa peralihan curah hujan berlangsung antara satu sampai empat jam. “Kewaspadaan ini untuk menghindari korban jiwa karena wilayah Lebak merupakan daerah rawan longsor,” jelasnya.