Saturday, January 8, 2011

Yahoo Connected TV siap saingi Google TV

Jika Google mempunyai layanan televisi yaitu Google TV begitupula dengan Yahoo. Salah satu raksasa internet ini akhirnya masuk juga ke layanan televisi. Dari ajang Consumer Electronic Show di Las Vegas (6-9 Januari), raksasa internet ini memperkenalkan pilot project yang disebut sebagai broadcast interaktif dengan menggunakan platform Yahoo Connected TV.

Yahoo Conected merupakan layanan televisi berbasis internet yang memungkinkan penonton di seluruh dunia berinteraksi dengan program-program pilihan mereka.Pada layanan ini Yahoo menggandeng sejumlah televisi global, termasuk jaringan televisi kabel berbayar. Jaringan televisi yang digandeng Yahoo antara lain ABC, CBS, HSN.

Pada program yang dikategorikan sebagai pilot project ini Yahoo juga menggandeng tiga pemasang iklan, yakni Ford, Mattel dan Microsoft. Ketiganya akan memasok berbagai informasi yang diperlukan konsumen untuk program ini. Pilot project akan berlangsung hingga semester pertama tahun 2011.

Ron Jacoby, vice president, Yahoo! Connected TV, menyebut kolaborasi dengan jaringan televisi dan pemasang iklan, merupakan sebuah langkah awal bagi pengembangan program televisi internet yang sangat personal.

Melalui program ini, bisa dikembangkan banyak aplikasi pendukung. Misalnya, aplikasi yang memungkinkan penonton terlibat langsung dalam polling mengenai satu program reality show sebuah televisi. Penonton juga bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai karakter pemain, saat ia menonton satu program.

Cukup dengan menggunakan remote control penonton CBS yang tengah menikmati Hawaii Five O bisa mendapatkan informasi yang lengkap mengenai aktor, karakter, hingga setting. Pemirsa ABC bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai aktor, menikmati foto-fotonya sebelum ia menyaksikan program yang akan ditayangkan.

Program yang sama juga akan mengajak pemirsa menentukan pilihan atau menyampaikan pendapat. Misalnya untuk suatu pertandingan tinju, pemirsa bisa menyampaikan pendapatnya, siapa yang akan memenangkan pertandingan, atau pertandingan akan berakhir draw. Pada film Havai Five-O mereka bisa menentukan siapa aktor pilihan mereka.